News  

Apple dan Google Bahas iPhone AI

Kemampuan ponsel pintar produksi Apple, iPhone, mungkin akan meningkat dengan adanya Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dari Google.

Media berita Bloomberg, Senin (18/3), melaporkan bahwa kedua raksasa teknologi itu sedang dalam pembicaraan untuk memasang Gemini, mesin kecerdasan buatan Google, dalam iPhone.

Mengutip orang-orang yang mengetahui situasi tersebut, laporan itu mengatakan bahwa pembaruan piranti lunak iPhone Apple yang akan datang akan mencakup kemampuan baru berdasarkan model AI miliknya. Tetapi perusahaan itu sedang mencari mitra guna mendukung fitur AI generatif, termasuk fungsi-fungsi untuk membuat gambar dan menulis esai berdasar petunjuk sederhana.

Kedua pihak masih membahas persyaratan kemitraan. Bloomberg menambahkan bahwa kecil kemungkinannya kesepakatan akan diumumkan sampai konferensi tahunan Pengembang Sedunia Apple pada Juni.

Produsen terbesar ponsel di dunia itu juga telah berdiskusi dengan OpenAI yang didukung Microsoft, dan mempertimbangkan untuk menggunakan modelnya, menurut laporan tersebut.

Apple, Google dan OpenAI tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters di luar jam kerja.

Apple tertinggal dalam peluncuran AI generatif dibandingkan pesaingnya, Microsoft dan Google. Keduanya sudah lebih dulu menerapkan AI ke dalam produk masing-masing.

Bulan lalu, CEO Apple Tim Cook mengatakan perusahaannya akan mengungkap lebih banyak tentang rencana masa depannya untuk AI generatif pada akhir tahun ini. Ia menambahkan bahwa perusahaan itu berinvestasi “secara signifikan” dalam bidang AI. [ka/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com