News  

Berisiko bagi Keamanan Nasional, AS Larang Huawei, Penjualan Peralatan ZTE

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melarang disetujuinya peralatan baru telekomunikasi dari Huawei Technologies Hwt.ul dan ZTE 000063.sz. Alasannya, peralatan itu “berisiko yang tidak dapat diterima” bagi keamanan nasional Amerika.

Komisi Komunikasi Federal Amerika (FCC) Jumat mengatakan telah menyetujui aturan akhir, yang juga melarang penjualan atau impor peralatan buatan Dahua Technology Co 002236.sz, perusahaan Tiongkok yang memproduksi peralatan pengintai, perusahaan video pengawas Hangzhou Hikvision Digital Technology Co LTD 002415. SZ dan perusahaan telekomunikasi Hytera Communications Corp Ltd 002583.sz.

Ini tindakan keras terbaru Amerika terhadap raksasa teknologi China itu di tengah kekhawatiran bahwa Beijing akan menggunakan perusahaan teknologinya untuk memata-matai orang Amerika. “Aturan baru ini adalah bagian penting dari tindakan kami yang berkelanjutan untuk melindungi rakyat Amerika dari ancaman keamanan nasional yang melibatkan telekomunikasi,” kata ketua FCC Jessica Rosenworcel dalam pernyataan.

Huawei menolak berkomentar. ZTE, Dahua, Hikvision dan Hytera belum menanggapi permintaan komentar. [ka/pp]

Sumber: www.voaindonesia.com