News  

Biden Banggakan ‘Masa Depan’ Amerika Saat Pemerintah Menginvestasikan $8,5 Miliar pada Pembuat Cip Intel

Presiden Joe Biden merayakan kesepakatan yang memberi dana langsung kepada Intel hingga $8,5 miliar dan pinjaman sebesar $11 miliar untuk pabrik cip komputer di seluruh AS. Biden berbicara tentang program investasi tersebut di negara bagian Arizona, yang merupakan medan pertempuran politik dalam pemilu mendatang, dan menyebutnya sebagai cara untuk “membawa masa depan kembali ke Amerika.”

Pendanaan itu akan mendukung pabrik cip komputer di Arizona, Ohio, New Mexico dan Oregon. Program tersebut adalah suntikan dana tunai yang menurut pemerintah akan membantu AS meningkatkan pangsa dunia produksi cip canggihnya dari nol menjadi 20%. Presiden dari Partai Demokrat itu sering mengatakan bahwa tidak banyak pemilih yang mengetahui kebijakan ekonominya, dan mereka akan mendukungnya jika mengetahuinya.

Dalam sambutannya setelah tur di negara bagian tersebut, Biden berbicara tentang dampak kebijakannya terhadap perekonomian AS, selagi ia berupaya menerjemahkan kemenangan kebijakannya itu agar menjadi dorongan politik menjelang pemilu bulan November.

Intel sendiri berencana berinvestasi pada fasilitas di Arizona, Ohio, Oregon, dan New Mexico, dengan sebagian dana pemerintah membantu mendukung pengembangan tenaga kerja.

Amerika Serikat merancang cip yang canggih, namun ketidakmampuannya memproduksinya di dalam negeri telah menimbulkan risiko keamanan dan ekonomi nasional. [ps/rs]

Sumber: www.voaindonesia.com