News  

Cara Terbaik untuk Melunasi Utang Kartu Kredit

Jika kita mempunyai saldo kartu kredit atau utang yang tanpa jaminan, kita mungkin memutuskan bahwa sekarang waktu yang tepat untuk melunasinya.

Saldo di kartu kredit orang Amerika membengkak mencapai rekor ketika mereka beralih ke kartu kredit untuk mengatasi inflasi yang tinggi. Sebuah survei dari Bankrate baru-baru ini menunjukkan, lebih dari sepertiga (35 persen) orang dewasa AS kini mempunyai hutang di kartu kredit dari bulan ke bulan, naik dari 29 persen dibandingkan tahun lalu. Saldo kartu kredit itu rata-rata per peminjam $5.474 pada kuartal ketiga tahun 2022, menurut TransUnion.

Lebih buruk lagi, bunga kartu kredit lebih tinggi dari sebelumnya. Bunga rata-rata (APR) tahunan pada kartu kredit baru-baru ini mencapai 19,85%, tertinggi sepanjang masa, kata Bankrate.

Jika kita melakukan pembayaran minimum sebesar $141 dengan saldo rata-rata $5.474 dengan bunga tahunan 19 persen, maka dibutuhkan waktu lebih dari 23 tahun untuk melunasi hutang tersebut. Selama itu kita akan membayar bunga sebesar $8.073, menurut perhitungan Bankrate.

Sementara itu, resesi masih mungkin terjadi dan PHK telah terjadi dan terus bertambah di dalam daftar perusahaan. Maka sekarang adalah waktu yang baik untuk melunasi hutang kartu kredit kita. [ps/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com