News  

China Tunda Rilis Indikator Ekonomi

China menunda merilis indikator ekonomi yang dijadwalkan untuk dipublikasikan pekan ini, termasuk data produk domestik bruto (PDB) kuartal ketiga yang seharusnya dirilis Selasa (18/10). Ini terlihat dari kalender yang diperbarui di situs web biro statistik negara itu.

Penundaan yang tak terduga itu terjadi di tengah-tengah acara sepekan Kongres Partai Komunis yang berkuasa. Kongres ini adalah kegiatan dua kali dalam satu dekade, yang merupakan waktu yang sangat sensitif di China.

Data PDB kuartal ketiga yang awalnya dijadwalkan dirilis Selasa (18/10) pukul 10 pagi, telah lama ditunggu-tunggu setelah ekonomi terbesar kedua dunia ini tumbuh hanya 0.4 persen dalam kuartal kedua dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Biro statistik tidak memberikan alasan bagi penundaan itu atau menetapkan tanggal baru perilisannya.

Sebelum Kongres jeda pekan ini, Presiden Xi Jinping diperkirakan akan memenangkan masa kepemimpinan yang ketiga.

Biro juga menunda penerbitan data harga rumah China untuk bulan September, yang dijadwalkan untuk dipublikasikan pada hari Rabu.

Penangguhan itu menyusul penundaan tanpa penjelasan dalam penerbitan data perdagangan September oleh Administrasi Umum Pabean, yang dijadwalkan keluar hari Jumat. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com