News  

ECB Diperkirakan Mengikuti Fed dengan Kenaikan Suku Bunga Lebih Kecil

Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) diperkirakan akan mengikuti jejak Federal Reserve AS pada hari Kamis (15/12) dan memilih kenaikan suku bunga yang lebih kecil, kata para analis, di tengah tanda-tanda bahwa inflasi yang membara akhirnya mereda.

ECB telah menaikkan suku bunga pada apa yang disebut presiden Christine Lagarde sebagai “langkah tercepat yang pernah diambil” untuk menurunkan rekor inflasi tertinggi setelah perang Rusia di Ukraina membuat biaya makanan dan energi melonjak.

Tetapi setelah dua kenaikan berturut-turut sebesar 0,75 persen, para pembuat kebijakan di Frankfurt diperkirakan akan memberlakukan kenaikan suku bunga acuan 0,5 persen dalam pertemuan terakhir mereka pada tahun 2022.

Para analis mengatakan pembuat kebijakan mungkin merujuk pada data inflasi terbaru untuk membenarkan laju yang lebih lambat, yang menunjukkan harga konsumen zona euro secara tidak terduga melambat pada November untuk pertama kalinya dalam 17 bulan, menjadi 10 persen.

Hadiah Natal awal dapat “menghilangkan beberapa urgensi untuk melanjutkan kenaikan suku bunga jumbo,” kata ekonom bank ING Carsten Brzeski, bahkan jika kenaikan 0,75 persen “masih mungkin diberlakukan.”

Ekonom utama ECB Philip Lane mengisyaratkan laju yang sedikit kurang agresif minggu lalu ketika dia mengatakan “kemungkinan kita mendekati puncak inflasi.”

Pergerakan suku bunga setengah persen itu mencerminkan tindakan yang diambil oleh Federal Reserve AS pada hari Rabu (14/12), setelah empat kali kenaikan 0,75 prsen sebelumnya.

Para bankir bank sentral di seluruh dunia berusaha mencari keseimbangan antara menaikkan biaya pinjaman untuk mendinginkan inflasi, dan tetap mengupayakan agar langkah itu tidak mengurangi permintaan sehingga memicu penurunan ekonomi. [lt/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com