News  

Harga Makanan Meningkat Jelang Thanksgiving di AS

Liburan Thanksgiving (Hari Ucapan Syukur) di Amerika Serikat pada 24 November mendatang, saat keluarga dan teman biasanya merayakan dengan jamuan besar dengan sajian kalkun dan segala makanan pendampingnya, akan menelan biaya sekitar 20 persen lebih tinggi dari tahun lalu, menurut perkiraan yang disusun oleh Federasi Biro Pertanian Amerika dalam survei tahunan harga bahan makanan.

Cuaca, invasi Rusia ke Ukraina atau dorongan perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan semuanya memiliki andil dalam kenaikan harga pangan, tetapi lonjakan tahun ini adalah yang terbesar sejak survei biaya santap malam Thanksgiving pertama Biro Pertanian pada 1986.

Ditambah dengan kenaikan 14 persen tahun lalu, yang merupakan yang terbesar kedua, harga makanan “klasik” kalkun dan segala makanan pendamping untuk 10 orang pada perayaan Thanksgiving tahun ini telah naik lebih dari sepertiga sejak 2020, pada awal lonjakan inflasi AS terburuk dalam 40 tahun, yakni dari $46,90 menjadi $64,05.

FILE – Hidangan santap malam Thanksgiving tersaji di atas meja di rumah warga AS di Concord, New Hamshire, 22 Oktober 2012. (AP/Matthew Mead, File)

Harga konsumen AS naik 7,7 persen pada basis tahunan pada bulan Oktober dan telah meningkat menjadi 9,1 persen awal tahun ini, sehingga memicu upaya Federal Reserve untuk menjinakkan tekanan harga dengan kenaikan suku bunga yang agresif.

Harga makanan, terutama barang-barang yang dibeli untuk konsumsi rumah tangga, telah meningkat lebih cepat, mencapai tingkat tahunan 13,5 persen pada bulan Agustus dan masih naik 12,4% per tahun pada bulan Oktober lalu, suatu kejutan bagi satu bagian anggaran rumah tangga di mana harga naik kurang dari kenaikan pendapatan.

Seiring dengan kenaikan harga pangan, survei Sensus AS menunjukkan jumlah rumah tangga yang melaporkan kekurangan pangan meningkat dari 7,8 persen pada Agustus 2021 menjadi 11,4 persen pada awal Oktober lalu. [lt/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com