News  

India Perjuangkan Suara Lebih Besar bagi Negara Berkembang, Tetapi Isu Ukraina Bayangi KTT G20

Tidak mudah bagi para pemimpin negara-negara dengan perekonomian terbesar di dunia untuk menemukan titik temu, tetapi perang Rusia terhadap Ukraina telah mempersulit Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 untuk mencapai kesepakatan berarti tahun ini.

Perdana Menteri India Narendra Modi, yang menjadi tuan rumah tahun ini, telah berjanji bahwa isu Ukraina tidak akan mengabaikan fokusnya terhadap kebutuhan negara-negara berkembang di negara-negara yang disebut Global South. Namun konflik Ukraina terbukti sulit untuk diabaikan.

“New Delhi tidak ingin mengalihkan perhatian dari agenda utama, yaitu mengatasi isu-isu yang menjadi perhatian bagi negara-negara Selatan,” kata Nazia Hussain, peneliti di S. Rajaratnam School of International Studies, Singapura.

“Jadi meskipun akan ada diskusi mengenai isu-isu yang muncul akibat perang – keamanan dan pemisahan rantai pasokan, keamanan energi, dan pasokan pangan – fokusnya harus tetap pada bagaimana memitigasi dampak perang daripada memperdebatkan aspek-aspek geopolitik/keamanan perang.”

Ketika para pemimpin G20 mulai berdatangan pada Jumat (8/9), para diplomat India masih berusaha menemukan bahasa kompromi bagi sebuah komunike bersama.

Papan reklame bergambar Perdana Menteri India Narendra Modi, dipasang menjelang KTT G20 minggu ini di New Delhi, India.

Rusia dan China, yang merupakan pendukung terpenting Moskow dalam perang melawan Ukraina, telah menolak rancangan undang-undang yang mengacu pada Ukraina yang mengatakan “sebagian besar anggota mengecam keras perang tersebut,” dengan bahasa yang sama yang mereka tandatangani tahun lalu pada KTT G20 di Ukraina. Bali

Uni Eropa, sementara itu, mengatakan bahwa bahasa kompromi yang disarankan oleh India tidak cukup kuat untuk disetujui. Senada, Inggris mengatakan bahwa Perdana Menteri Rishi Sunak berencana menekan anggota G20 untuk mengambil tindakan yang lebih keras terhadap invasi Rusia.

Mengakhiri KTT tanpa komunike akan menggarisbawahi betapa tegangnya hubungan antara negara-negara besar di dunia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato di KTT Bali melalui video tahun lalu, tetapi Modi menegaskan tidak mengundang Ukraina untuk berpartisipasi dalam acara tahun ini.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah berjanji kepada Zelenskyy untuk tetap melibatkan Ukraina dalam diskusi tersebut, dan mengatakan kepadanya melalui video call yang diunggah para pemimpin di Instagram: “Saya kecewa Anda tidak dilibatkan tetapi seperti yang Anda tahu, kami akan angkat bicara kuat bagi Anda.”

Xi dan Putin Absen dari KTT G20

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping tidak akan menghadiri G20 sendiri, melainkan mengirimkan pejabat tingkat rendah.

Rusia dan China tidak menyebutkan alasan para pemimpin mereka tidak hadir, namun keduanya nampaknya memberikan penekanan yang lebih besar pada kelompok negara-negara BRICS yang memiliki pemikiran serupa: Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Kelompok BRICS pada pertemuan puncaknya bulan lalu sepakat untuk memperluas cakupannya hingga mencakup Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Argentina, Mesir, dan Ethiopia.

Hubungan China dengan India terus tegang karena sengketa perbatasan yang sedang berlangsung, namun meskipun ada keputusan untuk mengirim Perdana Menteri Li Qiang dan bukan Xi.

Modi dan Xi tidak membahas masalah ini secara langsung di KTT BRICS lalu, namun Kementerian Luar Negeri China mengatakan, Beijing menilai bahwa hubungan India-China “secara umum stabil.”

Presiden Ryuai Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping dalam KTT BRICS di Brasilia, Brazil 12 November 2019 (foto: dok). Putin dan Xi absen dalam KTT G20 di New Delhi.

Presiden Ryuai Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping dalam KTT BRICS di Brasilia, Brazil 12 November 2019 (foto: dok). Putin dan Xi absen dalam KTT G20 di New Delhi.

India juga memiliki hubungan bersejarah dengan Moskow, tetapi juga memiliki hubungan baik dengan AS. Modi berharap untuk menggunakan pengaruh negaranya untuk menjembatani kesenjangan antara negara-negara kaya yang telah bersatu untuk memberikan sanksi kepada Rusia atas perang Ukraina dan negara-negara Selatan.

Sekitar setengah dari negara-negara G20 berada di Dunia Selatan – tergantung pada bagaimana seseorang mendefinisikannya – dan Modi berharap untuk menambahkan Uni Afrika sebagai anggota blok tersebut.

Sebagai persiapan, ia mengadakan pertemuan virtual “Voice of the Global South” pada Januari dan menekankan isu-isu penting bagi negara-negara berkembang, termasuk bahan bakar alternatif seperti hidrogen, efisiensi sumber daya, pengembangan kerangka kerja umum untuk infrastruktur publik digital dan ketahanan pangan.

“Bagi negara-negara Selatan, kepresidenan India dipandang sebagai peluang dengan potensi besar untuk memenuhi kebutuhan pembangunan, khususnya karena Brazil dan Afrika Selatan masing-masing akan mengambil alih kepemimpinan G20 dari India pada tahun 2024 pada tahun 2025,” kata Hussain.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengatakan kepada wartawan pada hari Jumat bahwa penting untuk memberikan apresiasi kepada India karena New Delhi telah bekerja “secara aktif, mungkin kadang-kadang secara diam-diam, untuk memaksimalkan peluang guna mencapai sebuah komunike (bersama).”

Michel mengatakan dia berharap pertemuan puncak G20 itu akan produktif.

“Saya kira G20 tidak akan menyelesaikan seluruh permasalahan dunia dalam dua hari,” ujarnya. “Tetapi saya pikir ini bisa menjadi langkah berani ke arah yang benar dan kita harus berupaya mewujudkannya dan mendukung kepresidenan India,” pungkasnya. [pp/ft]

Sumber: www.voaindonesia.com