News  

Komisi Eropa Jual 23 Gedung di Brussel

Komisi Eropa, Senin (29/4) mengatakan pihaknya akan mengumpulkan sekitar $965 juta dengan menjual beberapa bangunan seiring upayanya mengurangi ruang kantor sampai 25 persen.

Dua puluh tiga bangunan akan dibeli oleh dana kekayaan Belgia yang berencana akan memugarnya agar bisa digunakan, dan kemudian memasarkannya kembali sebagai bisnis dan perumahan.

Brussel ingin mengubah Markas Eropa, tempat sebagian besar lembaga Uni Eropa (UE) berada, agar menjadi lebih ramah masyarakat, menghapus suasana yang kaku.

Desain bangunan telah dirancang untuk menjadikan kawasan itu sebagai tempat “gedung perkantoran yang hidup berdampingan secara harmonis dengan tempat tinggal, toko-toko, dan sarana rekreasi,” kata pernyataan bersama Komisi Eropa dan pemerintah Belgia.

Bagi komisi UE, penjualan itu bertujuan agar lebih sedikit gedung yang dihuni dan lebih hemat energi, karena kebutuhan ruang kantor menurun dengan semakin banyak staf yang bekerja dari rumah.

“Penjualan itu akan membantu kami mencapai tujuan mengurangi jumlah bangunan sebesar 50 persen dan luas permukaan lahan sebesar 25 persen,” kata Johannes Hahn, komisaris anggaran dan administrasi UE. [ps/ka]

Sumber: www.voaindonesia.com