News  

Lebih 60 Kepala Negara, Ratusan Pemimpin Bisnis akan Hadiri Forum Ekonomi Dunia

Lebih dari 60 kepala negara dan pemerintahan, serta ratusan pemimpin bisnis akan menghadiri Forum Ekonomi Dunia (WEF) minggu depan. Dari Presiden Israel Isaac Herzog hingga Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy akan hadir dalam forum tahunan tersebut untuk membahas tantangan terbesar dunia.

Para petinggi seperti Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang, Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan banyak lainnya akan datang ke Davos, kota resor ski di pegunungan Alpen, pada 15 hingga 19 Januari, kata penyelenggara, hari Selasa.

Presiden Forum Ekonomi Dunia, Borge Brende mengatakan, “Sejak 2016 kita melihat kerja sama menurun, dan sejak 2020, sangat anjlok. Jumlah orang yang mengungsi meningkat dari 40 juta menjadi 110 juta orang.”

Para peserta akan dihadapkan pada dua perang besar, yaitu konflik Israel-Hamas dan invasi Rusia ke Ukraina. Mereka juga menghadapi masalah-masalah seperti perubahan iklim, gangguan besar terhadap perdagangan di Laut Merah, lemahnya perekonomian dunia, dan informasi rancu yang dipicu oleh teknologi kecerdasan buatan yang berkembang pesat dalam pemilu di dunia.

Kepercayaan terhadap perdamaian dan keamanan telah terkikis sejak tahun 2016 dan kerja sama “menurun” sejak tahun 2020, kata Presiden WEF dalam pengarahan. [ps/ka]

Sumber: www.voaindonesia.com