News  

Mengakhiri Perang Ukraina adalah ‘Cara Terbaik’ Perbaiki Ekonomi Dunia

Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen meningkatkan tekanan terhadap Rusia pada Senin (11/14) menjelang pelaksanaan KTT G20 di Indonesia. Ia mengatakan cara terbaik untuk mengakhiri gejolak ekonomi yang saat ini melanda dunia adalah dengan mengakhiri perang Ukraina.

“Mengakhiri perang Rusia adalah kewajiban moral dan cara terbaik yang bisa kita lakukan bagi perekonomian dunia,” kata Yellen kepada para wartawan ketika ia bertemu mitranya dari Prancis, Bruno Le Maire, di Bali.

Mahalnya harga BBM dan pangan termasuk beberapa isu penting yang akan dibahas dalam KTT itu dan hampir semua negara G20 merasakan beban ekonomi.

Yellen berharap bisa memberi tekanan diplomatik untuk mengakhiri perang dengan menyalahkan Rusia.

Indonesia selaku tuan rumah telah menyerukan perundingan dan resolusi damai terkait konflik itu, tapi tidak mengkritisi Rusia secara langsung, sama seperti anggota G20 lain seperti China, Afrika Selatan dan India.

KTT itu juga diperkirakan akan membahas perlunya memperpanjang perjanjian yang dimediasi Turki dan PBB. Perjanjian itu memungkinkan ekspor gandum dan pupuk yang penting dari Ukraina untuk melewati Laut Hitam dengan aman. [vm/rs]

Sumber: www.voaindonesia.com