News  

New Jersey Berambisi Jadi Produsen Besar Sirup Maple

New Jersey ingin memperkenalkan produk baru kepada dunia, sirup maple buatan sendiri. Sebuah proyek di Stockton University memanfaatkan pohon maple merah yang umum ditemukan di negara bagian tersebut untuk menghasilkan camilan manis yang cocok untuk pancake.

New Jersey terkenal di seluruh dunia karena tokoh fiksi bos mafia Italia di Amerika, Tony Soprano, tol Turnpike, dan pabrik-pabrik bahan kimianya. Kini, negara bagian itu ingin dikenal sebagai produsen sirup maple.

Stockton University, sebuah universitas di bagian selatan negara bagian tersebut, berambisi mewujudkan keinginan itu. Singkat kata, cairan manis, lengket dan berwarna cokelat yang Anda siram ke pancake mungkin suatu hari nanti berasal dari New Jersey.

Ambisi ini merupakan bagian dari upaya untuk memanfaatkan spesies pohon maple yang umum ditemukan di bagian selatan New Jersey. Meski hanya memiliki setengah jumlah kandungan gula dari pohon maple di Vermont, ibu kota sirup maple Amerika Serikat, pohon maple merah berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut.

Para peneliti berusaha mencari tahu apakah industri sirup yang layak dapat diciptakan di sebuah wilayah di New Jersey yang terkenal dengan kasino dan jutaan hektare pohon pinusnya tersebut.

“Jadi bagian pertama dari proyek ini adalah melihat apakah mungkin untuk memproduksi sirup maple di wilayah selatan New Jersey? Perbedaan utamanya terletak pada iklim kita. Ini jauh berbeda dari daerah penghasil sirup maple pada umumnya. Kami tidak memiliki wilayah yang berlereng-lereng. Dan spesies maple kami juga merupakan spesies maple merah, berbeda dengan spesies maple gula di Vermont, atau di Kanada,” jelas Ryan Hegarty, asisten direktur Proyek Maple di Stockton.

“Tujuan kami pada akhirnya adalah menciptakan model yang dapat kami berikan kepada masyarakat di sini dan berkata, jika Anda ingin memproduksi sirup maple di sini, berikut cara melakukannya, dan kami dapat memberi mereka semua perlengkapan dan pelatihan yang diperlukan,” imbuhnya.

Didukung oleh hibah $1 juta dari Departemen Pertanian AS, Stockton University memasuki tahun keempat dalam memproduksi sirup dari 300 hektare pohon maple di sekitarnya.

Judith Vogel, profesor matematika yang menjabat sebagai direktur Proyek Maple, mengatakan, meski ada banyak kendala yang harus diatasi untuk mendorong wilayah selatan New Jersey memproduksi sirup maple, hasilnya sangat menggembirakan.

“Kami sudah bertemu, menjalin hubungan dengan sekolah-sekolah menengah setempat, yang memiliki program-program seni kuliner, dan mereka mengembangkan resep berbahan sirup maple kami. Kami sejauh ini telah berhasil mengembangkan resep seperti saus salad dan saus barbekyu,” sebutnya. [ab/uh]

Sumber: www.voaindonesia.com