News  

Pembatasan Harga Gas akan Akibatkan Penghentian Pasokan

CEO BUMN energi Rusia Gazprom, Alexei Miller, pada Minggu (16/10) mengatakan rencana untuk membatasi harga ekspor gas Rusia akan membawa konsekuensi yang tak main-main, yaitu dihentikannya pasokan. Ancaman serupa sebelumnya pernah disuarakan Presiden Vladimir Putin.

Konflik di Ukraina telah mendorong pelanggan dari Uni Eropa untuk memangkas pembelian komoditas energi dari Rusia. Kelompok negara-negara industri terkemuka G7 dan Uni Eropa tengah berusaha untuk mengenakan batasan harga pada minyak dan gas Rusia yang dijual di pasar global.

“Keputusan sepihak seperti itu tentu saja merupakan pelanggaran kontrak yang ada, yang akan mengarah pada penghentian pasokan,” kata Miller.

Presiden Vladimir Putin bulan lalu mengancam akan memotong pasokan energi dari Rusia jika batas harga diberlakukan pda komoditas energinya. Ia juga memperingatkan Barat bahwa pasokan tersebut akan “dibekukan.”

Langkah memotong pasokan energi dari Rusia — pengekspor minyak terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi dan pengekspor gas alam utama dunia — akan mengguncang pasar energi global. Hal tersebut juga dapat mengakibatkan dunia menghadapi harga komoditas energi yang makin melambung. [ah]

Sumber: www.voaindonesia.com