News  

Permohonan Tunjangan Pengangguran AS Turun Sedikit

Permohonan tunjangan pengangguran turun sedikit minggu lalu sementara bursa kerja AS tetap kuat dalam menghadapi kenaikan suku bunga dan inflasi yang terus membandel.

Departemen Tenaga Kerja melaporkan Kamis (3/11) klaim pengangguran untuk pekan yang berakhir 29 Oktober turun 1.000 menjadi 217.000 dari 218.000 pada minggu sebelumnya. Rata-rata pergerakan empat minggu turun 500 menjadi 218.750.

Dianggap sebagai petunjuk untuk PHK, aplikasi untuk tunjangan pengangguran secara historis tetap rendah tahun ini, bahkan ketika Federal Reserve (Fed) telah menaikkan suku bunga acuan enam kali tahun ini dalam upaya untuk mendinginkan ekonomi dan menjinakkan inflasi.

Fed pada hari Rabu (2/11) menaikkan suku bunga pinjaman jangka pendeknya sebesar 0,75 persen, tiga kali lipat dari margin biasanya, untuk keempat kalinya tahun ini. Tingkat suku bunga acuan itu kini berada pada kisaran 3,75% hingga 4%, tertinggi dalam 15 tahun.

Pada bulan September, pengusaha Amerika memperlambat perekrutan karyawan, tetapi masih menambah 263.000 pekerjaan dan tingkat pengangguran turun dari 3,7% menjadi 3,5%, menyamai level terendah dalam setengah abad. Para pejabat Fed telah mengisyaratkan bahwa tingkat pengangguran harus setidaknya 4% untuk memperlambat inflasi.

Sebelumnya pekan ini, Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa pengusaha AS mencatat 10,7 juta lowongan pekerjaan pada bulan September, naik dari 10,3 juta pada bulan Agustus.

Jumlah keseluruhan warga Amerika yang menerima tunjangan pengangguran naik 47.000 menjadi 1,49 juta untuk pekan yang berakhir 22 Oktober, tertinggi dalam tujuh bulan, tetapi masih pada tingkat yang tidak meresahkan. [lt/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com