News  

Perserikatan Negara-negara Pimpinan Rusia Tandatangani Pakta Perdagangan Bebas dengan Iran

Anggota Uni Ekonomi Eurasia (EEU) yang dipimpin Rusia telah menandatangani perjanjian perdagangan bebas sepenuhnya dengan Iran, kata kementerian ekonomi Rusia dan EEU pada Senin (25/12).

Perjanjian itu akan menjadi permanen, menggantikan perjanjian serupa yang bersifat sementara, yang berlaku sejak tahun 2019. Perjanjian sebelumnya memfasilitasi perdagangan dengan Iran dan meningkatkan nilainya, dari yang sebelumnya sebesar $2,9 miliar pada 2019 menjadi $6,2 miliar pada 2022.

Uni Ekonomi Eurasia sendiri terdiri dari Armenia, Belarus, Kazakhstan, Kyrgyzstan dan Rusia.

Baik EEU maupun Iran menjadi semakin penting bagi Kremlin setelah sanksi Barat atas invasi Rusia ke Ukraina membatasi jalur perdagangan luar negeri Moskow dan memaksa negara itu mencari pasar di luar Eropa. Kesepakatan baru itu akan menghilangkan bea masuk pada hampir 90 persen produk dan menetapkan rezim preferensial, alias keistimewaan, untuk hampir semua perdagangan antara Rusia dan Iran.

Menteri Ekonomi Rusia Maxim Reshetnikov mengatakan, perjanjian itu akan memungkinkan bisnis Rusia menghemat sekitar 27 miliar rubel ($294 juta) per tahun. [rd/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com