News  

DPR AS Setujui Rencana Cegah Penutupan Pemerintahan Sebagian

Dewan Perwakilan Rakyat AS memberikan suara 336-95 pada Selasa (14/11) untuk menyetujui rencana guna mencegah penutupan sebagian pemerintah pada hari Sabtu (18/11) tetapi pada saat yang sama menunda perdebatan kontroversial mengenai prioritas anggaran hingga awal tahun 2024.

Pendanaan saat ini untuk semua lembaga pemerintah akan berakhir pada Jumat (17/11) tengah malam sehingga memaksa Kongres dan Gedung Putih untuk mencapai kesepakatan jangka pendek agar pemerintahan tetap berjalan.

DPR menyetujui usulan Ketuanya yang baru Mike Johnson, pemimpin mayoritas Partai Republik di DPR, yang memperluas pendanaan untuk beberapa lembaga pemerintah hingga pertengahan Januari dan lembaga lainnya hingga awal Februari.

Hingga dua batas waktu tersebut, Kongres harus berdebat dan memutuskan tingkat anggaran di seluruh pemerintahan hingga September mendatang, atau kembali menyetujui kesepakatan jangka pendek lainnya.

Dalam meloloskan rencananya, Johnson menerima lebih banyak suara dari Partai Demokrat – 209 – dibandingkan Partai Republik – 127. Sebanyak 93 suara dari Partai Republik dan dua suara dari Demokrat menentang rencananya.

Senat kemungkinan juga akan menyetujui proposal tersebut dan mengirimkannya ke Presiden Joe Biden untuk ditandatangani.

Johnson telah memicu kemarahan faksi sayap kanan rekan-rekannya dari Partai Republik karena rencana anggarannya tidak mencakup pemotongan belanja atau perubahan kebijakan yang mereka inginkan. Beberapa anggota kubu konservatif menegaskan bahwa mereka akan memberikan suara menentang rencana Johnson, sehingga memaksanya mencari suara oposisi dari Partai Demokrat untuk menjamin lolosnya rencana tersebut.

Skenario seperti itu terjadi pada akhir September ketika Ketua DPR saat itu, Kevin McCarthy, membuat marah blok sayap kanan dengan memenangkan suara Partai Demokrat untuk memaksakan rencana anggaran tujuh minggu yang berakhir pada Jumat tengah malam. Beberapa hari setelah pertarungan politik itu, delapan anggota Partai Republik sayap kanan bergabung dengan kaukus Partai Demokrat dengan suara bulat untuk menggulingkan McCarthy dari jabatannya sebagai ketua, yang merupakan hal pertama terjadi dalam sejarah AS.

Tidak ada tanda-tanda bahwa Johnson akan menghadapi nasib serupa, karena ia sendiri adalah seorang konservatif yang setia, dan rekan-rekannya yang berpikiran sama tampaknya, untuk saat ini, memberinya kelonggaran dalam mencapai kesepakatan untuk menjaga pemerintahan tetap terbuka.

Johnson mengatakan tanggal berakhirnya pendanaan yang “bertingkat” pada awal tahun 2024 dimaksudkan untuk menghindari tradisi Washington: pengesahan anggaran belanja besar-besaran tepat sebelum liburan Natal dan Tahun Baru, rancangan undang-undang alokasi yang sangat panjang sehingga hanya sedikit anggota legislatif yang punya waktu untuk membaca dan mencernanya ketika Kongres bergegas menunda reses akhir tahunnya.

Dalam perselisihan terbaru, faksi Partai Republik yang berhaluan keras di DPR menuntut pemotongan anggaran negara, namun ditolak oleh anggota Kongres Partai Republik yang lebih moderat dan kaukus Partai Demokrat di DPR, bersama dengan Senat yang dikuasai Partai Demokrat dan Biden.

Sebaliknya, rencana Johnson akan mempertahankan tingkat pengeluaran pada tingkat yang sama seperti pada tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 30 September. Johnson juga menolak upaya untuk memasukkan isu-isu budaya yang memecah belah yang disukai oleh beberapa kelompok konservatif sayap kanan tetapi juga tidak memasukkan bantuan keuangan baru yang diminta Biden senilai miliaran dolar untuk Ukraina dan Israel saat mereka berperang melawan Rusia dan militan Hamas.

Kongres diperkirakan akan mempertimbangkan lebih banyak pendanaan untuk Ukraina dan Israel pada undang-undang terpisah dalam beberapa minggu mendatang.

Tanpa pendanaan baru yang luas untuk lembaga-lembaga pemerintah pada Jumat tengah malam, sejumlah operasi lembaga pemerintah yang dianggap tidak penting akan dihentikan, seperti berkemah di taman nasional, memberikan nasihat kepada pembayar pajak, dan beberapa penelitian ilmiah.

Dalam beberapa hari terakhir, lembaga pemeringkat kredit telah menurunkan peringkat kredit pemerintah AS karena ketidakpastian anggaran yang terus berlanjut, sebuah langkah yang dapat menyebabkan biaya pinjaman yang lebih tinggi bagi Amerika Serikat, dimana utang nasionalnya kini mendekati $34 triliun. [my/rs]

Sumber: www.voaindonesia.com