News  

Duka Gempa yang Menewaskan Puluhan Warga Cianjur

Gempa Bumi dengan kekuatan 5,6 magnitudo yang telah mengguncang Kabupaten Cianjur Jawab Barat, menyebabkan ratusan rumah yang ada dikawasan tersebut menjadi rusak. Karena gempa tersebut puluhan warga meninggal dan banyak rumah yang telah mengalami kerusakan. Gempa ini terjadi hari senin 21 November 2022 sekitar pukul 13.21 WIB. Kalian juga bisa melihat lebih detailnya pada situs penerjemah tersumpah.

Gempa yang berpusat di Kabupaten Cianjur tersebut tidak hanya di rasakan oleh warga sekitarnya saja, bahkan wilayah seperti Bogor, Depok, Jakarta hingga Tangeran Selatan merasakan gempa tersebut. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati ini mengatakan bahwa gempa tersebut diakibatkan oleh adanya pergerakan dari Sesar Cimandiri.

“Diduga ini adalah pergerakan dari Sesar Cimandiri dan bergerak kembali”. Ujar Kepala BMKG Dwikorita. Kemudian Kepala BMKG menjelaskan kembali bahwa gempa tersebut berpusat di Sukabumi Cianjur. Dimana gempa ini terjadi akibat patahan geser. “Adalah gempa yang di akibatkan oleh patahan geser dengan magnitudo 5,6” ujar Dwikorta.

Selain daripada itu, BNPB juga mencatat gempa yang ada di Cianjur ini sudah menelan banyak korban jiwa. Dimana korban meninggal setelah terjadi guncangan gempa tersebut belum saja berubah. Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari memaparkan bahwa “Angka BNPB 62 jiwa meninggal dunia” ujarnya.

Sampai saat ini, data korban yang meninggal pasca gempa Cianjur sempat simpang siur. Dimana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan terdiri dari 162 orang meninggal pada jumpa persnya. Kemudian BPBD juga meluruskan bahwa telah terjadi kesalahan pencatatan oleh petugas yang ada di lapangan sehingga muncul angkat 162 orang yang meningal.

Awal mulanya, petugas BPBD Provinsi ini mendapatkan laporan secara lisan dari perangkat desa ke BPBD Cianjur. Dimana laporan lisan tersebut menyebutkan kurang lebih ada 100 unit rumah yang telah hancur dan kurang lebih 100 orang yang meninggal akibat gempa Cianjur. Karena angka 100 jiwa meninggal dunia tersebut tidak diasesman lebih lanjut, kemudian muncul angka 162 orang yang meninggal dunia.

Pemerintah pusat akan berkunjung ke Cianjur untuk memastikan kondisi dari gempa Cianjur tersebut dan akan melangsungkan tinjauan lebih lanjut secara langsung. Untuk informasi selanjutnya, kalian akan mendatkannya melalui situs penerjemah tersumpah.

b.PNG